Korea adalah negara yang didesain sedemikian rupa agar ramah kepada wisatawan. Selain objek wisatanya yang beragam, negara ini juga memiliki jalur busway dan transportasi lainnya yang tertata rapi. Demi lancarnya acara jalan-jalan santai di Korea Anda harus mengetahui beberapa kata yang berhubungan dengan arah dan perjalanan.

Beberapa kalimat yang akan Anda pakai selama jalan-jalan menggunakan transportasi di Korea adalah misalnya “bagaimana cara ke ? dengan kalimat tanya “…… eodingayo”. Sedangkan kata-kata dalam bahasa Korea untuk subway 지하철 adalah “jihacheolyeok”. Jika ingin menyebut “halte bus” 버스 정류장” Anda cukup mengucap “beoseu jeongryujang”.

Jika ingin meminta tolong kepada pengemudi taksi untuk mengantarkan Anda ke sebuah tempat, Anda bisa menggunakan kalimat “….euro kajuseyo” 로 갈아주세요 yang artinya “tolong antar ke..”. Beberapa destinasi yang Anda maksud mungkin “Insadong” 인사동 atau “pulau Nami” 남이섬 yang dalam bahasa Korea disebut dengan kata “namiseom”.

Nah, Anda juga harus menguasai beberapa kalimat yang berhubungan dengan arah. Misalnya “jikjin” 직진 yang berarti “lurus”. Sedangkan “jalan” dalam bahasa Korea disebut dengan “gil/ro” 길 / 로. Kata – kata “gil/ro” bisa Anda temui dalam alamat beberapa tempat di negeri gingseng ini. Misalnya alamat N Seoul Tower adalah “105, Namsangongwon-gil, Yongsan-gu, Seoul”.  Sementara itu, untuk bahasa Korea belok kiri adalah 좌회전 atau dibaca “jwahwijeon”. Belok kanan adalah 우회전 dibaca “uhwijeon”.

Dengan bekal kosakata sederhana tentang arah dan perjalanan ini, maka Anda bisa dengan mudah berinteraksi dengan warga Korea. Selain itu, perhatikan beberapa hal lain seperti memperkirakan dengan tepat jalur transportasi dari Bandara Incheon menuju hotel tempat Anda menginap. Anda bisa bertanya kepada pengelola hotel langsung via email sebelum keberangkatan atau menumpang airport limousine yang sudah disediakan agar lebih praktis.

Sebelum berangkat, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai rute subway seperti dalam tautan ini dan jangan lupa membeli kartu T-Money di 7 Eleven Bandara Incheon. T-Money adalah kartu isi ulang yang digunakan untuk membayar semua sarana transportasi di Seoul dan wilayah lain Korea Selatan. Oleh karena Anda akan banyak menggunakan subway dan mengunjungi stasiunnya yang berada di bawah tanah, maka bisa dipastikan akan sering naik turun tangga. Gunakan sepatu yang nyaman agar mobilitas Anda semakin nyaman dan menghindari cedera kaki.

Destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi selama berada di Korea khususnya Seoul adalah tepian Sungai Hangang, kuil Bongeunsa dan mencicipi aneka kuliner.

Selama di Seoul, Anda bisa menginap di Renaissance Seoul Hotel, Ritz Carlton Hotel dan Samjung Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,