Jogja punya Pasar Bringharjo, Solo punya Pasar Klewer, Jakarta punya Pasar Tanah Abang, Seoul juga punya pasar yang serupa, yaitu Pasar Dongdaemun. Namun, pasar ini jauh lebih maju dari yang ada di Indonesia. Mau tau seperti apa keunggulan pasar ini?

Dongdaemun mempunyai berbagai macam pilihan bagi Anda yang suka fashion. Disini Anda dapat menemukan kain tenun, bahan kain, aksesoris, dan pernak-pernik pernikahan. Fashion terbaru, bersama dengan tenunan terbarunya sering diluncurkan di pasar ini. Tidak mengherankan jika pasar ini menjadi rumah bagi suplier-suplier pakainan terbesar di Korea, dan juga memberi inspirasi bagi para desainer untuk datang ke sini untuk mengasah dan menguji kemampuan mereka.

Pasar Dongdaemun menjadi seperti sekarang ini dari cikal bakalnya dulu yang juga berupa pasar tradisional pada tahun 1905. Pada tahun 1970an pasar ini mengalami transformasi besar-besaran dan mulai membangun dirinya sebagai pusat industry tekstil di Korea, baik untuk grosir maupun untuk retail. Dengan transformasi ini, pasar ini memberikan kontribusi yang luar biasa bagi percepatan pertumbuhan ekonomi di Korea Selatan saat itu. Seiring berjalannya waktu, dibangun mega bangunan perbelanjaan di area ini, dan pasar ini terlahir sebagai fashion street yang paling terkenal di Korea.

Dengan harga yang murah dan variasi pakaian yang sangat banyak, orang-orang  baik grosir maupun individu, baik ahli mode maupun orang kebanyakan,  mengunjungi tempat ini untuk memanjakan diri mereka akan kebutuhan dalam gaya berpakaian. Para pedagang grosir dari berbagai penjuru negeri mengunjungi pasar ini pada malam hari, membuat pemandangan yang khas metropolitan di Seoul pada malam hari.

Pasar ini merupakan perpaduan antara pasar tradisional dan pasar modern. Beberapa toko masih mempertahankan bangunan tua mereka, menjual bahan pakaian, membuat kerajinan dari pakaian, dan memprosesnya. Di tempat ini juga berdiri beberapa pusat perbelanjaan, seperti Cerestar, Migliore, Designer’s Club dan Doosan Tower yang bermunculan pada tahun 1990an. Tempat-tempat ini menarik banyak anak muda untuk datang dengan banyak pertunjukan musik dan pertunjukan panggung lainnya pada malam hari. Berbagai macam peragaan busana dan festival busana diselenggarakan di sini di sepanjang tahun.

Meskipun tempat ini banyak dikunjungi oleh para pedagang grosiran, namu para pedagang masih melayani mereka yang membeli secara eceran. Hal itu sangat dimaklumi karena di sini banyak sekali para wisatawan dari berbagai belahan dunia yang datang untuk membeli kain, pakaian, pernak-pernik yang dapat dibuat langsung di toko sesuai dengan pesanan mereka. Berbagai macam mata uang bertukar di tempat ini. Tidak mengherakan apabila tempat ini menyumbang banyak bagi pertumbuhan ekonomi di Korea Selatan.

Apabila Anda ingin mengunjungi tempat ini, tempat ini berada di depan pintu keluar nomor 14 di stasiun kereta bawah tanah Taman Sejarah dan Budaya Dongdaemun.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,