Bagi sebagian orang, kenikmatan berbelanja di pasar tak tertandingi bahkan jika dibandingkan dengan mall sekalipun. Jika Anda menjadi bagian dari orang-orang yang setuju dengan pendapat ini, mampirlah ke Nangdaemun Market, Seoul yang merupakan pasar tradisional terbesar di Korea Selatan.

Sebagian besar toko yang ada di Namdaemun Market memang mempunyai pabrik sendiri yang memproduksi barang-barang yang kemudian dijual di toko mereka. Pasar ini diklaim menjual barang dengan harga lebih murah daripada tempat lain. Salah satu sebabnya karena mereka melayani pembelian dalam partai besar alias grosir. Walaupun demikian, bagi Anda yang ingin beli eceran tetap akan terlayani. Nah, jika Anda ingin berbelanja pakaian anak-anak seperti t-shirt, baju, sepatu atau kaus kaku dengan harga murah, pasar ini adalah pilihan yang tepat. Begitu juga dengan pakaian wanita. Nangdaemun Market menyediakan pakaian untuk kawula muda maupun orang tua dengan aneka desain. Bagi yang menyukai barang-barang elektronik, pasar juga menyediakannya bahkan dengan merek-merek impor.  Bagi para ibu rumah tangga, Namdaemun Market adalah surga karena mereka bisa memilih aneka peralatan dapur, hingga tembikar atau gerabah. Tidak itu saja, pasar ini juga menyediakan ratusan optik dengan berbagai pilihan kacamata dengan harga murah dan model beragam. Kebanyakan turis yang datang ke Korea Selatan tidak hanya melancong di Seoul saja namun juga ke beberapa destinasi yang lain. Pasar ini juga menyediakan kebutuhan Anda akan peralatan liburan seperti ransel, sepatu gunung, alat memancing, perlengkapan ski dan lain-lain. Nah, hampir tidak ada yang tak ada di pasar ini. Ya, Namdaemun Market menaungi 10.172 toko yang menyediakan aneka barang di lahan seluas 10 hektar. Fantastis.

Uniknya, wisatawan yang berkunjung ke pasar ini tidak semuanya punya tujuan yang sama. Wisatawan Jepang, lebih suka ke Namdaemun Market untuk membeli rumput laut dan ginseng. Sedangkan turis-turis dari China lebih suka belanja pakaian. Beda lagi dengan tingkah laku wisatawan dari barat yang mengunjungi pasar ini semata-mata karena tertarik dengan suasana tradisional yang jarang mereka temui di negara asalnya. Sadar menjadi jujugan wisatawan asing, penjual di Namdaemun Market sudah terlatih untuk berkomunikasi dengan para pelancong dengan menggunakan bahasa Inggris dan Jepang. Itulah mengapa, pasar ini juga menyediakan money changer gelap alias tidak resmi. Berhati-hatilah jika terpaksa harus menukar uang Anda dengan Won di tempat ini agar tidak tertipu.

Namdaemun Market bukanlah pasar baru. Ia sudah ada sejak tahun 1964 dan tetap menjadi pusat grosir terbesar hingga kini. Buka mulai jam 03.00 hingga 23.00 pasar ini selalu penuh sesak  pengunjung dan penjual yang sama-sama membludaknya. Sediakan waktu luang yang cukup banyak agar bisa leluasa memilih barang. Tidak ada salahnya untuk mendaftar dulu keperluan apa yang akan Anda beli agar tidak ada yang kelupaan. Khusus untuk hari Minggu, Namdaemun Market tutup. Untuk mencapai tempat ini, Anda cukup naik subway jalur 4 menuju Hoehyeon Station dan keluar melalui pintu exit nomor 5. Pasar ini juga bisa dicapai dengan bus. Beberapa pilihan tempat belanja murah lainnya di Seoul adalah Myeondong, Dongdaemun Market dan toko-toko di kawasan Sinchon.  Selama liburan di Seoul, Anda bisa menginap di Shilla Hotel, Uljiro Co-op Residenceatau Koreana Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,