Seoul, Korea Selatan adalah kota yang lengkap. Fasilitas modernnya sangat maju plus peninggalan sejarah yang masih terawat. Di kota ini, liburan Anda akan padat diisi dengan aneka kegiatan cuci mata serta belanja. Nah, agar tak kebingungan, berikut adalah panduan aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan selama berwisata ke Seoul. Selamat liburan!

1. Mengunjungi Gyeongbok Palace

Gyeongbok Palace adalah salah satu landmark kota Seoul. Istana utama Dinasti Joseon (1392-1910) ini sudah berumur lebih dari 500 tahun. Dibangun oleh Lee Seong-Gye pada tahun 1395 ketika ibu kota negara dipindahkan dari Gyeseong ke Seoul. Gaya arsitektur istana yang klasik plus pemandangan gunung Amisan yang indah membuat Gyeongbok Palace adalah destinasi wisata yang berkesan. Kolam teratai istana ini adalah sudut yang paling sering digunakan tamu-tamu kehormatan dari negara lain bertemu dan menjadi tempat favorit untuk menggelar aneka festival dan perayaan di Seoul.

2. Merasakan ketenangan di Buckhon Village

Ingin tahu bagaimana kehidupan perkampungan jaman dulu di Korea Selatan? Datanglah ke Buckhon Village. Disini kita bisa melihat rumah-rumah tradisional Korea atau yang disebut dengan Hanok berjajar rapi dan masih dalam kondisi yang terawat. Berada di tengah-tengah kota Seoul yang dipenuhi gedung pencakar langit, keberadaan Buckhon Village ini sangat mencolok. Lingkungannya bersih, model rumah kuno plus jalanan yang juga nyaris tak berubah membuat tempat ini menjadi destinasi wisata yang sarat dengan nilai sejarah dan budaya.

3. Melihat keindahan Bugaksan

Seoul dikelilingi oleh gugusan gunung yakni Gugaksan, Namsan, Naksan dan Inwangsan. Nah, Bugaksan adalah gunung yang tertinggi diantara yang lain. Menyusuri Bugaksan, kita tidak hanya disuguhi panorama pegunungan namun juga benteng dan bangunan bersejarah lainnya. Dari puncak Bugaksan kita bisa melihat panorama kota Seoul dari kejauhan dan istana Gyeongbok. Penasaran ?

4. Melihat dari dekat kehidupan Itaewon

Itaewon adalah salah satu kawasan di Seoul yang dihuni oleh warga dari berbagai etnis. Di tempat ini berdiri sebuah masjid bernama Seoul Central Mosque yang indah. Disekitar masjid banyak penjual makanan Timur Tengah, yang banyak disantap oleh wisatawan dan warga muslim. Keunikan lainnya di Itaewon adalah sebuah trotoar untuk pejalan kaki yang bertuliskan berbagai ucapan selamat datang dari beberapa negara, termasuk kalimat “apa kabar” dari Indonesia. Tak jauh dari masjid, berdiri sebuah basis militer AS di Korea Selatan. Tak heran banyak tentara berwajah bule hilir mudik di kawasan ini. Saat malam tiba, jangan lupa sempatkan untuk berbelanja di Itaewon Night Market yang menyediakan berbagai asesoris seperti anting, gelang, kalung dan beberapa fashion item lainnya.

5. Belanja Nandaemun Market

Nangdaemun market adalah jujugan bagi mereka yang ingin belanja dengan harga super murah. Pasar ini melayani pembelian secara grosir dan eceran, cocok untuk Anda yang ingin menjualnya lagi setiba di tanah air atau sekedar membeli oleh-oleh. Menariknya, semua barang yang Anda inginkan pasti tersedia di Namdaemun market. Bagaimana tidak, pasar ini dihuni 10.172 toko di lahan seluas 10 hektar. Jadi, tunggu apa lagi ?

6. Cheonggyecheon Stream

Sungai sepanjang 6 km ini berhasil menenangkan Seoul yang hiruk pikuk. Cheonggyecheon Stream juga hiburan murah bagi siapapun yang berkunjung ke ibukota Korea Selatan ini. Selain indah, bersih, di tepian sungai ini berjajar kafe yang selalu ramai pengunjung. Belum lagi pertunjukan candlelight fountain yakni air terjun setinggi 4 meter yang bergerak dengan irama ritmis dengan warna cahaya yang berubah-ubah. Jadi, selain bersantai, sungai ini juga menyediakan tontonan menarik.

7. Mengunjungi War Memorial of Korea

Untuk Anda yang ingin belajar tentang sejarah Korea dalam waktu singkat datanglah ke War Memorial of Korea. Daya tarik museum ini adalah karena beberapa peralatan perang yang dipamerkan bukanlah replika melainkan peralatan asli. Ada tank, mobil amfibi, artileri, mobil lapis baja, kapal selam, radar yang digunakan pada Perang Dunia II, Perang Korea dan Perang Vietnam. Pengunjung boleh masuk dan menyentuh semua perlengkapan yang dipamerkan. Tidak itu saja, museum ini juga dilengkapi dengan patung-patung tentara yang menggambarkan suasana perang serta beberapa monumen. Pendek cerita, museum ini akan membawa Anda pada masa perang plus memberikan gambaran yang jelas tentang penggalan sejarah Korea.

8. Berkeliling Dengan Seoul City Tour Bus

Jika Anda tidak punya banyak waktu menjejahi Seoul atau bahkan tidak tahu pasti harus kemana, naiklah Seoul City Tour Bus. Anda tinggal duduk dan akan diantar ke seantero tempat yang menarik di kota ini. Seperti istana-istana yang bersejarah seperti Gyeongbokgung dan sungai Changgyeonggung, Namdaemun Market, Dongdaemun, N-Seoul Tower dan lain-lain. Seoul City Tour Bus ini merupakan solusi bagi wisatawan yang tidak mau repot memilih destinasi. Selamat mencoba!

9. Mencicipi Aneka Kuliner Khas Korea

Ada banyak makanan dan jajanan yang bisa kita cicipi selama di Seoul, baik yang dijual di pinggir jalan maupun restoran. Jika sedang berwisata kuliner, jangan lupa untuk mencicipi jajanan khas negeri ginseng ini seperti Odeng, Bimbimbap, Sushi khas Korea, Samgyetang, dan Kimchi. Jika ingin berwisata kuliner sambil merasakan sensasi khas kerajaan, tidak ada salahnya datang ke Seokparang. Restoran ini menempati sebuah mansion kuno yang sudah berusia 150 tahun. Disini Anda bisa memesan masakan khas kerajaan.

10. Menyusuri Gangnam

Gangnam adalah kawasan jet set di Seoul. Disinilah bermukim kaum kaya raya dengan berbagai fasilitas pendukungnya. Sejak popular karena menjadi kawasan yang disindir PSY dalam lagunya Gangnam Style, banyak yang bertanya-tanya apa saja yang bisa kita temukan di Gangnam. Selain menjadi pusat kehidupan jetset, Gangnam juga terkenal sebagai pusat operasi plastik di Korea. Tidak itu saja, dengan mengunjungi Gangnam kita bisa menyempatkan diri untuk menonton  salah satu pertunjukan kelas dunia yang digandrungi wisatawan yakni Nanta Theater. Pusat perbelanjaan, butik terkenal dan tempat kongkow kawula muda adalah daya tarik utama kawasan Gangnam. Penasaran?

Beberapa hotel yang bisa Anda singgahi selama melancong ke Makau adalah Somerset Palace Seoul Residence, Koreana Hotel, dan Fraser Place Central Seoul Residence

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,