Memahami budaya sebuah bangsa salah satunya bisa dilihat dari ragam nyanyian dan musiknya. Nah, jika Anda ingin mengetahui seperti apa budaya Korea yang kini banyak diperbincangkan tidak ada salahnya untuk melihat Jeonju International Sori Festival. Festival internasional ini menampilkan olah vokal dan musik khas Korea serta perpaduannya dengan musik global.

Kendati merupakan festival international namun tidak dapat dipungkiri bahwa Jeonju International Sori Festival sangat mengedepankan budaya khas negara ini. Pada gelaran International Sori Festival September lalu di Jeonju gelaran ini dibuka dengan penampilan penyanyi pansori Korea, Ahn Sook-sun. Ia bernyanyi sembari memainkan kecapi diiringi ratusan murid yang memakai hanbok dengan gerakan yang ritmis dan bersama-sama. Pertunjukkan ini sungguh memukau para penonton yang justru lebih sering melihat seni Korea yang lebih modern seperti yang dibawa oleh tren Korean Wave.

Selain penampilan artis-artis Korea, festival ini juga dimeriahkan oleh penampil dari luar negeri seperti El Gran Combo. Band yang sudah malang melintang selama 50 tahun dari Puerto Rico. Selain itu ada juga penampilan dari Claudia Aurora yang berasal dari Portugis. Inilah menariknya festival tahunan tersebut  karena menampilkan seniman dari berbagai genre musik dan bergabung bersama-sama dalam sebuah festival yang tidak hanya menarik bagi warga Korea namun juga wisatawan yang sedang berlibur ke negara ini. Event-evet lain yang juga digelar bersamaan dengan festival ini adalah pertunjukkan untuk anak-naka, zona khusus anak dan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan seni musik dan olah vokal.

Jeonju International Sori Festival biasanya digelar di dua tempat sekaligus yakni Sori Art Center dan Hanok Village. Untuk mencapai Sori Art Center, kita bisa menumpang bus antar kota dari Jeonju Intercity Bus Terminal atau Express Bus Terminal. Lanjutkan perjalanan dengan naik bus nomor 165 di depan depan Geumam1-dong Office dan turunlah tepat di Sori Art Center. Sedangkan agar sampai di Hanok Village, Anda harus naik bus nomor 79 dari Jeonju Intercity Bus Terminal menuju Jeondong Cathedral. Katedral ini letaknya berdekatan dengan Hanok Village. Atau jika ingin cepat, Anda bisa naik taksi dari Jeonju Station atau Express Bus Terminal menuju Hanok Village dengan waktu tempuh hanya 15-20 menit.

Selain, Jeonju International Sori Festival, masih ada perhelatan lain yang rutin digelar di Korea Selatan seperti Andong Maskdance Festival, Hyoseok Cultural Festival dan Chungju World Martial Art Festival. Selama liburan dan menikmati festival ini, Anda bisa menginap di Seoul agar tetap mudah mengunjungi destinasi wisata lainnya. Anda bisa singgah di The Westin Chosun Seoul, Sheraton Grande Walkerhill Hotel dan Novotel Ambassador Gangnam Hotel. 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,