Andong adalah sebuah kota yang ada di Provinsi Gyeongsangbuk Korea Selatan yang dikenal sebagai pusat budaya dan tradisi rakyat. Bahkan kampus yang berada di kota ini, Andong National University memfokuskan pada pendidikan dan perkembangan cerita rakyat asli Korea. Salah satu cara masyarakat Andong melestarikan budaya Korea adalah dengan menggelar Andong Maskdance Festival yang rutin dihelat setiap tahun.

Di Maskdance Festival ini, pengunjung akan menikmati pertunjukkan tari topeng yang merupakan seni tradisional Korea. Tarian ini merupakan bagian peting dari warisan budaya, khususnya tarian Byeolsingut Talnori. Byeolsingut Talnori sudah menjadi kekayaan budaya tak benda yang penting bagi Korea. Ada juga tari Talchum yang merupakan pertunjukan sekaligus seni rakyat yang digunakan untuk menyindir dan mengejek para tuan tanah dari Dinasti Chosun. Tidak hanya tarian milik Korea saja yang akan dipertontonkan dalam festival ini namun tari-taraian topeng dari negara lain. Sehingga pengunjung bisa melihat aneka tarian dari berbagai tempat di dunia seperti Thailand, India, Filipina, Israel, Taiwan dan Malaysia.

Oya, pertunjukkan tarian yang dihelat selama Maskdance Festival biasanya dilakukan di sebuah sudut yang indah tepian Sungai Nakdong. Tepatnya di desa Hahoe yang menjadi bagian dari kota Andong. Selain pertunjukan tari, pengelola acara juga menggelar event-event lain seperti kompetisi tari topeng dan kursus tari yang juga tersedia untuk para pengunjung dari luar negeri. Tidak itu saja, festival ini juga akan diramaikan dengan pesta kembang api dan pameran ukiran tradisional yang disebut Jasung. Totalnya, ada 50 event yang ada di dalam Andong Maskdance Festival ini. Untuk tahun 2012, Maskdace Festival dihelat pada 28 September sampai 7 Oktober.

Jika tertarik untuk melihat dari dekat festival ini, Anda bisa datang ke Hahoe Folk Village dengan naik bus nomor 46 di seberang Andong Intercity Bus Terminal dan turun di Hahoe. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke desa ini sekitar 40 menit.

Selama dihelatnya festival ini, Anda bisa menginap di sekitar venue atau tetap memilih hotel di Seoul agar mudah jika ingin mengunjungi destinasi wisata lainnya. Hotel di Seoul yang bisa Anda singgahi adalah Sejong Hotel, Millennium Seoul Hilton Hotel dan Novotel Ambassador Gangnam Hotel. Festival lainnya yang bisa Anda lihat saat liburan ke Korea adalah Hyoseok Cultural Festival, Jeonju International Sori Festival dan Hi Seoul Festival.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,