Korea Selatan tidak hanya punya keindahan panorama dan kekayaan budaya namun juga menawarkan surga belanja bagi siapapun yang sedang liburan. Gelombang K-Pop yang sudah menjalar di berbagai negara turut melambungkan pusat-pusat perbelanjaan yang dipenuhi dengan barang-barang unik dan fashion item yang dikenakan para bintang drama Korea. Tidak itu saja, Korea Selatan juga merupakan pusat penjualan bahan-bahan herbal dan obat-obatan tradisional.  Berikut adalah 10 destinasi wisata belanja yang harus Anda singgahi selama jalan-jalan di Negeri Ginseng ini.

 1. Rodeo Street

Rodeo Street berada di Gangnam, Seoul. Ada sejak tahun 90an, kawasan ini ada awalnya identik dengan pusat perbelanjaan warga kelas atas. Kini, Rodeo Street menjelma menjadi tempat yang dikunjungi oleh siapapun yang ingin menuntaskan hasrat berbelanja. Di sepanjang jalan ini dipenuhi dengan toko-toko yang menjual fashion item khas Korea mulai yang murah hingga mahal. Anda juga bisa berbelanja barang secondhand yang langsung diimpor dari beberapa kota pusat mode dunia seperti Italia. Bagi penyuka barang imitasi, Rodeo Street juga menyediakannya untuk Anda. Belanja Anda akan semakin menyenangkan jika berbarengan dengan adanya peragaan busana atau festival, karena masing-masing toko akan memberikan diskon kepada para pembelinya.

 2. I’Park Mall

I’Park Mall adalah pusat perbelanjaan di Yongsan yang tidak hanya digandrungi kawula muda Seoul namun juga para wisatawan mancanegara. Tempat ini menawarkan konsep one stop shopping yang meliputi pusat perbelanjaan, bioskop, pusat kebugaran, mini golf, supermarket, toko buku, area bermain video games serta food court. Terhubung langsung dengan Yongsan Station membuat I’Park Mall sangat mudah dijangkau oleh siapapun. Tempat ini juga seringkali dijadikan tuan rumah untuk ajang festival dan fashion show. Bagi yang menyukai shopping sepuasnya di satu tempat, I’Park Mall adalah pilihan yang tepat.

 3. Kawasan Sinchon

Sinchon adalah kiblat fashion di Seoul. Kawasan ini cocok bagi Anda yang selalu update dengan perkembangan gaya berpakaian di Asia bahkan dunia. Butik dan toko baju di Sinchon akan memanjakan para penggila belanja. Tidak itu saja, asesoris seperti kalung, cincin, bros, dan gelang yang cantik dan lucu juga tersedia. Bagi pengunjung pria, Sinchon juga menyediakan fashion item yang tak kalah meriah dengan wanita. Berada di sekitar kompeks kampus Yonsei, Sogang dan Ewha Woman University membuat kawasan ini menjadi salah satu pusat pergaulan anak muda. Deretan kafe dan restoran di Sinchon akan menambah kenikmatan Anda dalam berbelanja.

 4. Dongdaemun Market

Anda tertarik untuk belanja kain atau pakaian dalam jumlah besar? Datanglah ke Dongdaemun Market di kota Seoul. Bermula sebagai pasar tradisional pada tahun 1905, tempat ini bertransformasi menjadi pusat industri tekstil pada tahun 70an. Tak heran jika Anda akan dengan mudah menemukan kain tenun, kain biasa, asesoris, pakaian dan pernak-pernik pernikahan. Kendati pasar ini lebih banyak melayani pedagang grosir, namun Dongdaemun Market juga menyediakan barang-barang untuk dibeli secara eceran. Di tempat ini Anda akan melihat wisatawan dari berbagai negara memuaskan hasrat berpakaian sesuai dengan mode yang sedang tren.

 5. Galeri Seni di Insa-dong

Insa-dong adalah salah satu distrik di Seoul yang banyak menarik wisatawan. Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai penjual benda seni seperti keramik tradisional, toko-toko souvenir dan berbagai pernak-pernik seni lainnya. Bagi penyuka buku, Insa-dong juga menyediakan toko-toko buku dengan koleksi yang tidak hanya bahasa Korea namun juga bahasa-bahasa lainnya. Galeri-galeri yang memajang karya seni para seniman Korea menjadi pemandangan lazim disini. Pendek kata, Insa-dong cocok untuk berburu souvenir dan barang antik khas Korea.

 6. Galery Street di Sagan-dong

Sagan-dong sering disebut dengan “galery street”. Ya, salah satu distrik di Korea ini memang dipenuhi dengan galery yang memamerkan berbagai barang seni hasil karya para seniman dari berbagai negara seperti Perancis, Amerika dan tentu saja dari Korea sendiri. Bagi yang menyukai film-film Korea, Anda bisa berbelanja di sini. Film-film itu dikemas dalam format DVD dengan teks terjemahan bahasa Inggris secara on-line.

7. Kawasan Myeongdong

Myeongdong adalah destinasi belanja yang sangat populer di Seoul. Di tempat ini kita bisa belanja barang-barang dari brand lokal hingga merek internasional seperti H&M, GAP dan Zara. Soal harga Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa dengan bebas memilih barang yang sesuai dengan kondisi kantong Anda. Outlet komestik seperti Etude dan Face Shop juga tersedia. Ramainya geliat wisata belanja di Myeongdong membuat daerah ini tidak pernah tidur. Kehidupan malam di kawasan ini digandrungi anak muda dan para wisatawan.

8. Nangdaemun Market

Pasar Nangdaemun adalah pasar tradisional terbesar di Korea yang terletak di pusat kota Seoul. Disini menjual pakaian anak-anak, laki-laki dan perempuan, aneka barang sehari-sehari, baik produk impor maupun lokal. Selain menawarkan barang dalam bentuk eceran maupun grosir, pasar ini menjual dengan harga yang sangat murah. Tidak hanya itu, pasar ini juga menyediakan berbagai makanan khas Korea seperti rumput laut, Gimchi dan ginseng. Saking banyaknya toko yang berada di Nangdaemun Market, sebaiknya Anda membuat list barang apa saja yang sedang Anda inginkan sebelum berbelanja.

9. COEX Mall

COEX Mall adalah pusat perbelanjaan bawah tanah terbesar di Asia. Terletak di Korea World Trade Center, Samseong-dong, Gangnam Seoul. Pengunjung akan menemukan ratusan toko, termasuk toko pakaian merek internasional, pusat games, Cineplex Megabox dengan 16 layar multi-kompleks, toko buku, aquarium COEX, Museum Kimchi serta pusat jajanan dan makanan alias food court. Mall superbesar dengan luas 85.000 meter persegi ini benar-benar akan membuat Anda puas berbelanja seharian.

10. Gyeongdong Market

Gyeongdong market atau biasa disebut pasar Kyungdong terletak di Dongdaemun, Seoul merupakan salah satu pasar jamu terbesar di Korea Selatan. Didirikan sejak 1960, pasar ini memasok 70 persen kebutuhan obat bahan herbal dan memiliki lebih dari 1000 toko serta klinik obat. Pasar ini cocok bagi Anda yang memang sedang berburu bahan-bahan herbal dan obat-obatan tradisional. Penjual di Gyeongdong Market menjual barang mereka baik daalam bentuk grosir maupun eceran. Puaskan hasrat Anda untuk belanja ginseng dan obat-obatan khas Korea di pasar yang luasnya sektar 5 kali luas Seoul Sangam World Cup Stadium ini.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,