Korea Selatan adalah negara yang dikaruniai keindahan alam luar biasa. Disamping itu, kemajuan dan gemerlapnya juga disukai wisatawan. Gelombang Korea Style menambah minat pelancong untuk berwisata ke negeri ini. Beberapa tips ini akan mempermudah liburan Anda di Korea Selatan.

1. Cuaca

Negara ini mempunyai 4 musim yang berbeda. Musim panas di pertengahan tahun, musim dingin dari November hingga Maret, musim gugur di bulan September hingga November serta musim semi di bulan April hingga Mei. Musim gugur dan musim semi adalah dua waktu favorit wisatawan. Saat itu panorama alam Korea Selatan akan tampak sangat indah.

2. Mata uang

Mata uang yang digunakan adalah Won. Mata uang asing bisa ditukar di seluruh bank-bank besar yang terdapat di beberapa kota besar. Jika mengunjungi pedesaan, sebaiknya Anda mempunyai persediaan uang tunai yang cukup karena di tempat terpencil sulit menukar uang. Bank buka setiap hari Senin hingga Jumat sejak pukul 9.30 pagi hingga sore.

3.  Kesehatan

Hindari minum dari air keran (tap water). Lebih baik meminum air yang sudah direbus dan disaring. Makanlah sayuran dan buah yang sudah dimasak atau dikupas. Anda juga harus selektif terhadap makanan-makanan yang dijual di pinggir jalan.

4. Bahasa

Bahasa Korea dituturkan oleh mayoritas penduduk di negeri ini. Walaupun setiap daerah memiliki dialek yang berbeda namun masing-masing memiliki kemiripan yang tinggi. Siapkan kamus bahasa Inggris-Korea karena mayoritas masyarakat Korea tidak bisa berbahasa Inggris. Minimal Anda harus mengetahui beberapa kata dan istilah penting dalam bahasa Korea. Jangan lupa mengucapkan terimakasih atau membungkuk setiap mendapatkan bantuan dari orang lain.

5. Kuil

Korea Selatan adalah salah satu negara dengan kuil terbanyak di dunia. Nah, jika masuk kuil masuklah melalui pintu samping dan meninggalkan sepatu Anda di pintu serta duduk di sisi samping ruangan, jangan duduk atau berdiri tepat di depan patung Buddha.

6.  Transportasi

Korea Selatan adalah salah satu negara dengan sistem transportasi paling maju di dunia. Anda tidak akan kesulitan mengunjungi beberapa destinasi di negara ini. Berbekal peta dan informasi tentang rute yang baik akan membantu Anda menemukan jalur dan jenis trasnportasi apa yang akan Anda pakai. Belilah T-Money diawal kunjungan Anda ke Korea Selatan. T-money adalah kartu yang digunakan untuk pembayaran transportasi, khususnya subway dan bus. Harga T-Money bervariasi antara 5-10 ribu won dan kita bisa mengisinya kembali seperti pulsa di berbagai tempat seperti family mart, subway station dan lain-lain

7.       Penginapan

Selain hotel, ada beberapa jenis tempat tinggal yang bisa disinggahi, seperti motel misalnya. Tidak perlu khawatir akan standar kebersihannya karena motel-motel di Korea umumnya sangat terjaga dengan kualitas yang tidak mengecewakan.

8.       Rencana Wisata

Susunlah rencana wisata dan kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dengan bantuan orang Korea. Termasuk merencanakan pengeluaran Anda selama berwisata disesuaikan dengan budget yang tersedia.

9.       Tidak boleh dilakukan

Sama seperti di Indonesia, umumnya menulis dengan tinta merah tidak lazim. Jangan mengharapakan permintaan maaf jika sedang berdesakan di jalan, warga Korea menganggap berdesakan adalah sebuah resiko yang wajar jika hidup di negara dengan penduduk padat. Jangan lupa menuangkan minuman ke gelas teman yang sedang minum dengan kita. Menurut budaya Korea, sangat tidak sopan jika kita hanya menuang minuman milik kita sendiri. Anda tidak boleh lupa untuk selalu membuka sepatu atau alas kaki sebelum memasuki rumah, termasuk jika memasuki rumah-rumah penginapan tradisional.

Beberapa tempat wisata wajib yang bisa Anda kunjungi selama di Korea Selatan adalah Jeju Island, Blue House dan Buckhon hanok village. Selama liburan Anda bisa menginap di hotel-hotel seputara Seoul seperti Millennium Seoul Hilton Hotel, Shilla Hotel, dan Uljiro Co-op Residence.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,