Cheongdo Bullfighting Festival adalah salah satu pertunjukkan paling diminati di Korea.  Adu banteng merupakan tradisi kuno Korea yang keberadaannya tidak sekedar turnamen biasa. Jika dulu adu banteng hanyalah pertandingan biasa, kini berkembang menjadi acara festival bertaraf  internasional. Ratusan ribu wisatawan melakukan perjalanan ke Cheongdo, Gyeongsangbuk-do untuk melihat adu banteng ini. Bahkan ada yang mengklaim adu banteng di Cheongdo ini jauh lebih diminati ketimbang acara serupa di Spanyol.

Festival ini diselenggarakan selama 5 hari, setiap harinya pertandingan dilaksanakan selama 9 jam. Sajian utama dari festival ini tentu saja adu banteng, kompetisi rodeo dan lomba naik kereta banteng. Ada juga pertunjukan khusus yang dipalukan oleh tim rodeo dari luar negeri. Kompetisi yang dihelat sejak tahun 1999 ini biasanya akan mempertandingkan setidaknya 90 ekor banteng. Di dalam stadion dengan kapasitas 10 ribu orang ini banteng-banteng itu berjuang untuk mendapatkan hadiah beberapa juta Won. Pertandingan biasanya diawali masuknya banteng di sudut yang berbeda. Tidak seperti adu banteng yang ada di Spanyol, di Cheongdo tidak memakai matador.

 Oya, yang menarik juga adalah soal bagaimana melatih banteng-banteng itu agar bisa menjadi petarung yang tangguh. Di Korea terdapat pelatih-pelatih banteng yang dengan sabar melatih binatang aduan ini untuk mempersiapkan diri menyongsong pertandingan. Menurut mereka, banteng dengan leher yang tebal, tubuh pendek dan tanduk yang besar adalah banteng yang cocok untuk mengikuti festival ini. Nah, selain adu banteng, pengunjung bisa melihat berbagai pameran seperti pameran pertanian Cheongdo, pameran sejarah adu banteng, pameran foto dan masih banyak lagi.

Jika Anda berminat untuk menjadi bagian dari kemeriahan ini, Cheongdo Bullfighting Festival biasanya digelar pada bulan April. Untuk mencapai arena festival Anda bisa baik kereta dari Seoul Station menuju Cheongdo Station dengan waktu tempuh 4 jam 20 menit. Dari Cheongdo Station, lanjutkan perjalanan Anda dengan bus menuju tempat festival. Selama di Cheongdo Anda bisa menginap di hotel yang berada di Daegu atau Busan karena desa ini berada diantara 2 kota tersebut. Hotel di Daegu yang bisa Anda singgahi adalah Hotel Inter-Burqo dan Novotel Daegu City Centre Sedangkan hotel di Busan yang bisa pilih adalah Haeundae Grand Hotel atau Lotte Hotel Busan.

Selain Cheongdo Bullfighting Festival, festival- festival unik lainnya di Korea Selatan adalah Hi Seoul Festival, Andong Maskdance Festival dan Chungju World Martial Art Festival. Selamat menikmati!

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,